Pantai Wohkudu, Sisi Lain Keindahan Gunungkidul


Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan banyaknya pantai yang eksotis, diantaranya: Baron, Kukup, Krakal, Indrayanti, hingga pantai yang ada fasilitas snorkeling yaitu Pantai Sadranan dan Nglambor.

Yang akan saya bahas di sini adalah pantai yang belum banyak terjamah orang, masih alami. Pantai Wohkudu, berada di sebelah timur Pantai Kesirat.
Pantai Wohkudu
Diapit 2 buah bukit karang menambah kesan eksotis di pantai ini, serasa milik pribadi :-D. Waktu paling tepat menikmati keindahan pantai ini adalah ketika sore hari, karena kita bisa berteduh di salah satu bukit karang dari teriknya sinar matahari.

Lokasi dan Akses

Pantai Wohkudu terletak di Desa Girikarto Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 
Lokasi
Berjarak kurang lebih 42 km dari pusat Yogyakarta dan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi. Jalur yang ditempuh adalah: Yogyakarta - Imogiri - Panggang. Tidak sulit menemukan pantai ini, karena sudah banyak penunjuk arah. Setelah melewati daerah Panggang, kita akan menemukan pohon beringin besar, ambil yang arah kanan ikuti jalan aspal. Setelah masjid yang berada di sisi kiri jalan raya, belok ke kiri.
Ketika saya pertama kali melewati daerah ini, masih berupa jalan cor blok. Tapi kunjungan kedua ini, jalan sudah beraspal hotmix, sepertinya masih baru karena masih "basah" dan aroma khas aspal masih sangat terasa.
Setelah melewati pos retribusi dan membayar tiket Rp3000/orang, tiket ini berlaku untuk 3 pantai yaitu: Pantai Gesing, Wohkudu dan Kesirat. Kita akan menyusuri hutan jati sampai menemui papan penunjuk arah ke masing-masing pantai.
Pohon Beringin
Masjid dan Penunjuk Arah

Hutan Jati
Pos Retribusi Rp3000/orang
Pertigaan, kalau kiri ke arah Gesing, ambil yang kanan arah ke Wohkudu/Kesirat
Hamparan laut selatan sudah terlihat dari kejauhan
Akses menuju Pantai Wohkudu lumayan berat dan menguras tenaga. Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar sebesar Rp2000/motor, ada warung di sebelah tempat parkir ini, belilah makanan dan minuman di sini, karena di pantai sudah tidak ada lagi warung. Kita akan berjalan sejauh 420 meter menuju pantai, melewati jalan setapak dikelilingi pohon jati dan perkebunan milik warga. Tidak perlu takut nyasar, karena di sini ada papan penunjuk arah. Setelah pohon kelapa, belok ke kanan suara deburan ombak sudah terdengar dari sini. Sebelum sampai pantai, ada hamparan rumput datar yang biasa dipakai camping ground, kita bisa mendirikan tenda di sini sambil menikmati suasana pantai.
Tempat parkir dan penjual makanan
Jalan setapak di tengah perkebunan jati
Papan penunjuk arah

Camping ground | foto oleh: Fajar Sharpol

Pantai Wohkudu

Tidak banyak yang bisa kita lakukan di pantai ini, karena pantai ini terbilang sempit untuk ukuran sebuah pantai. Diapit 2 bukit karang yang tinggi, dan ombak yang tidak terlalu besar. Susana yang tenang cocok bagi Anda yang ingin sekedar melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Tidak disarankan membawa anak kecil ke tempat ini, karena selain akses menuju pantai yang sulit dan minimnya fasilitas, sempitnya pantai akan membuat anak cepat bosan.
Hamparan pasir dan ombak yang tenang
Salah satu bukit karang
Pantai Wohkudu

Tiket Masuk dan Fasilitas

• Retribusi Rp3000/orang.
• Parkir sepeda motor Rp2000.

Fasilitas belum terlalu lengkap, hanya ada satu penjual makanan di samping tempat parkir. Kamar mandi ataupun kamar ganti pakaian belum tersedia.

Selamat berlibur!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Wohkudu, Sisi Lain Keindahan Gunungkidul"

Posting Komentar