Air Terjun Pengantin dan Suwono, Dua Pesona Alam di Kabupaten Ngawi dengan Karakteristik Berbeda

Lereng Gunung Lawu banyak sekali menyimpan keindahan alam, salah satunya adalah wisata air terjun.
Ada beberapa air terjun yang sudah banyak dikenal masyarakat di lereng gunung ini diantaranya Grojogan Sewu di Tawangmangu yang sudah sangat terkenal bagi masyarakat Jawa Tengah maupun Jawa Timur, Air Terjun Jumog di Kabupaten Karanganyar yang sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan, Air Terjun Parang Ijo tidak jauh dari Air Terjun Jumog, hingga air terjun yang belum banyak terjamah orang Air Terjun Tak Bernama di Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan.

Bergeser sedikit ke utara, tepatnya di Kabupaten Ngawi. Penulis berkesempatan mengunjungi dua air terjun yaitu Air Terjun Pengantin dan Suwono. Dua air terjun yang menawarkan keindahan alam tidak kalah dari daerah lain di lereng Gunung Lawu.

Air Terjun Pengantin

Ketika mendengar atau membaca tentang Air Terjun Pengantin, mungkin yang ada di benak Anda adalah film horor Indonesia yang dibintangi oleh mantan pacar saya (Tamara Bleszynski -red). Air Terjun Pengantin benar-benar ada di Ngawi, Jawa Timur.
Air Terjun Pengantin
Untuk menghormati jomblo-jomblo yang membaca artikel ini, penulis tidak akan menjelaskan secara rinci tentang sejarah air terjun ini. Karena berhubungan dengan kisah romantis di masa lalu, secara singkat dinamakan Air Terjun Pengantin karena terdapat dua air terjun berdampingan di sini, layaknya sepasang pengantin yang duduk di pelaminan.

Lokasi dan Akses

Air Terjun Pengantin terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
Dari kota Solo, ada tiga jalur yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi air terjun, dengan jarak dan waktu tempuh yang hampir sama. Saran penulis lewat jalur utama Solo-Sragen, karena jalan lebih lebar dan kondisi aspal lebih bagus.

Tiga jalur yang bisa dilewati:
  1. Solo - Masaran - Sragen - Sine - Ngrambe
  2. Solo - Grompol - Batu Jamus - Kerjo - Ngrambe
  3. Solo - Tasikmadu - Batu Jamus - Kerjo - Ngrambe
Lokasi
Ketika sampai di Jalan Ngrambe - Sine sudah ada papan petunjuk menuju lokasi, ambil arah yang ke kanan (dari arah Solo).
Papan petunjuk
Jalan masuk menuju lokasi sebagian besar sudah diaspal dengan baik, hanya beberapa meter sebelum ke lokasi jalan berupa cor blok. Sudah banyak papan petunjuk di sini, tidak perlu takut tersesat. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat Puncak Hargo Dumilah (Gunung Lawu) dari jalan ini.




Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk, Anda bisa langsung menuju lokasi air terjun yang berjarak sekitar 120 meter dengan menuruni beberapa anak tangga yang sudah tertata rapi. Tersedia gazebo dan warung-warung makan di jalan menuju lokasi jika Anda ingin beristirahat sejenak atau membeli bekal (di lokasi air terjun tidak ada lagi warung makan).



Panasbung
Kurang lebih 5-10 menit Anda akan sampai di lokasi air terjun.





Dengan ketinggian hanya sekitar 15 meter, aman bagi pengunjung bila mau menikmati kesejukan air terjun yang mengalir dari atas, rasanya hanya seperti mandi di bawah shower. Tidak jauh dari air terjun ada aliran sungai kecil dengan air yang jernih, aman bagi anak-anak untuk sekedar bermain air. Tapi tetap hati-hati karena licin, hendaknya tidak lepas dari pengawasan orang tua.

Tiket Masuk dan Fasilitas

  • Parkir sepeda motor Rp2000
  • Parkir mobil Rp5000
  • Tiket masuk Rp5000/orang
Fasilitas:
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Mushola
========================================================================

Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono
Tidak jauh dari Air Terjun Pengantin terdapat air terjun yang tidak kalah indahnya, namanya Air Terjun Suwono. Berjarak kurang lebih 3 km dari Air Terjun Pengantin dan menempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan mobil pribadi, dengan medan menanjak yang cukup sempit dan melewati cor blok. Hanya cukup dilewati satu mobil saja, akan kesulitan jika berpapasan dengan mobil lainnya.
Lokasi

Akses Menuju Lokasi

Setelah melewati SDN 2 Hargomulyo, Anda akan menjumpai pertigaan. Arah kiri menuju Air Terjun Pengantin dengan jalan beraspal, Anda ambil yang arah kanan dengan jalan cor blok menuju Air Terjun Suwono.
Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk, Anda bisa langsung memulai perjalanan menuju lokasi. Ada sebuah warung kecil di tempat parkir, sebaiknya Anda membeli perbekalan di sini karena sudah tidak ada warung lagi. Di sebelah warung ada jalan tanah yang menurut warga sekitar merupakan jalur menuju Puncak Gunung Lawu, atau biasa disebut Jalur Jogorogo. Merupakan trek paling berat yang ada di Gunung Lawu, walaupun belum diresmikan.
Tempat parkir
Warung makan
Perjalanan menyusuri hutan karet yang rindang, berjarak kurang lebih 600 meter dan menempuh waktu sekitar 20 menit. Anda akan melewati jalan berupa tanah datar dan sempit hingga sampai di lokasi. Suasana yang benar-benar masih alami dengan suara-suara khas binatang pedesaaan.


Setelah melewati jalan tanah dan sedikit batu, Anda akan sampai di lokasi air terjun. Sedikit berbeda dibanding Air Terjun Pengantin, air di sini lebih dingin karena sedikit sinar matahari yang masuk. Ketinggian air terjun sekitar 40 meter. Tidak jauh dari air terjun ada sebuah kolam dengan kedalaman sekitar 70 cm, cukup aman untuk loncat ke dalam air. Air sangat jernih, penulis sempat juga foto underwater dengan hasil yang cukup bagus.





Tiket Masuk dan Fasilitas

  • Parkir motor Rp2000
  • Parkir mobil Rp3000
  • Tiket masuk Rp4000/orang
Fasilitas di sini belum terlalu lengkap, hanya tersedia tempat parkir dan warung makan, tidak ada kamar mandi.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, penulis bisa mengambil kesimpulan:

Jika Anda ingin berwisata bersama keluarga dengan anak kecil, maka pilihlah Air Terjun Pengantin. Selain fasilitas yang cukup lengkap, air juga tidak terlalu dingin. Jalan menuju lokasi tidak terlalu jauh, hanya sekitar 5-10 menit.

Bagi Anda yang berjiwa muda dan menyukai tantangan, Air Terjun Suwono sangat cocok. Suasana yang masih alami dan asri, pemandangan alam yang cantik serta trek menyusuri hutan yang teduh akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Semoga bermanfaat dan selamat berlibur bersama keluarga tercinta!

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Air Terjun Pengantin dan Suwono, Dua Pesona Alam di Kabupaten Ngawi dengan Karakteristik Berbeda"

  1. Masih ada 1 air terjun lagi kak..namanya air terjun serambang...perjalanan menuju air trjunnya lebih menantang...dan ketinggian waterfall nya juga lebih tinggi dari suwono.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh!
      Makasih infonya.

      Kemarin sama keponakan-keponakan, kasihan anak kecil kalau diajak ke tempat yang ekstrim.

      Next time kalau ada waktu lagi, eksplore wisata-wisata di Kabupaten Ngawi.

      Nice info btw ;)

      Hapus
  2. Masih ada 1 air terjun lagi kak..namanya air terjun serambang...perjalanan menuju air trjunnya lebih menantang...dan ketinggian waterfall nya juga lebih tinggi dari suwono.

    BalasHapus