Coban Lawe, Air Terjun Berundak di Ponorogo

Kabupaten Ponorogo atau biasa dikenal dengan julukan Kota Reog memiliki banyak potensi wisata yang sayang belum terlalu banyak mendapat perhatian dari dinas terkait setempat.
Salah satunya adalah Coban Lawe, beberapa air terjun dalam satu lokasi. Tapi pada kesempatan kali ini, saya hanya sempat mengunjungi dua air terjun, karena waktu yang sudah terlalu siang. Total ada lima air terjun, air terjun yang kelima menurut warga sekitar merupakan yang terindah, tapi melalui medan yang cukup sulit. Harus berangkat pagi-pagi sekali untuk mencapai Coban 5 tersebut.

Coban 1

Lokasi dan Akses

Coban Lawe terletak di Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 33 km dari pusat kota Ponorogo, berjalan ke timur menuju arah Pulung. Melewati Polsek dan Pasar Pulung, lurus saja ikuti jalan aspal. Dari sini jalan mulai menanjak dan pemandangan yang menyegarkan mata.

Kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat kota, Anda akan menjumpai Balai Desa Krisik di sebelah kanan jalan. Mobil hanya bisa sampai di sini saja, karena setelah Balai Desa ini jalan mulai menyempit berupa jalan makadam. Kurang lebih berjarak 2,5 km dari Balai Desa menuju lokasi air terjun Coban 1, lumayan melelahkan ditempuh dengan berjalan kaki.




Akses yang kurang begitu baik menuju lokasi, mengharuskan anda harus berhati-hati dalam mengendarai motor. Apalagi saat hujan, sangat tidak disarankan! Karena hanya berupa jalan makadam dan sebagian besar masih berupa tanah.

Minimnya petunjuk arah di tempat ini membuat Anda harus bertanya kepada penduduk sekitar jika ragu, karena banyak percabangan. Intinya jangan malu untuk bertanya, daripada tersesat 😆
Jalan makadam melewati pemukiman penduduk


Di percabangan ini, ambil kanan

Jika melihat pohon Cemara, berarti Anda berada di jalan yang benar 😎
Setelah melewati perjuangan keras dan sedikit ekstrim dengan pemandangan jurang di sebelah kanan, akhirnya sampai di tempat parkir. Tidak ada tiket masuk di sini, hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000, ada juga warung yang menjajakan makanan ringan dan minuman hangat.
Tempat parkir

Warung makan
Dari tempat parkir berjalan kaki sejauh 500 meter menuju Coban 1, dengan jalan yang relatif landai.




Setelah berjalan menyeberangi sungai kecil yang jernih, akhirnya tiba di air terjun pertama.

Air terjun pertama
Airnya cukup dingin, karena kurangnya sinar matahari yang masuk.

Coban Lawe 2

Setelah puas berbasah-basahan di Coban yang pertama, mari kita lanjut ke Coban 2. Tinggal berjalan ke arah kiri dari Coban 2, ada jalan setapak, ikuti saja jalan ini. Cukup menanjak jalannya dibanding dari tempat parkir menuju Coban 1. Kira-kira 10 menit berjalan kaki, sampailah di Coban yang kedua.


Tidak terlalu tinggi air terjunnya, di bagian dasar juga tidak terlalu dalam, aman untuk berendam. Hati-hati menuju air terjun, karena banyak bebatuan licin.
Trek menuju Coban Lawe 2

"Pintu Gerbang"

Coban Lawe 2

Tiket Masuk dan Fasilitas

  • Parkir sepeda motor (termasuk tiket masuk) Rp5000
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Kamar mandi/kamar ganti
    Kamar mandi
Somoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Coban Lawe, Air Terjun Berundak di Ponorogo"

Posting Komentar